Contoh Presentasi Singkat yang Baik dan Benar




Presentasi “ pemaparan “ yang dilakukan banyak orang di depan para audience terkadang mengharuskan anda untuk mengemas presentasi menjadi lebih menarik dan mudah di pahami sesuai dengan apa yang anda harapkan. Contoh presentasi dengan gaya bahasa yang simple serta desain template menarik akan membuat audience selalu penasaran dengan slide berikutnya, inilah yang dinamakan presentasi yang baik dan benar meskipun waktu yang di perlukan untuk memaparkan semua informasi tidak lebih dari 5 menit. Presentasi yang panjang lebar memang di rasa banyak orang mampu memberikan pemahaman yang lebih baik dibandingkan presentasi dengan waktu yang singkat, padahal belum tentu audience mampu menerima semua yang anda paparkan di depan mereka. Jadi pada prinsipnya, membuat sebuah presentasi itu dibutuhkan analisa yang bagus terhadap calon audience mulai dari topik presentasi, waktu, umur audience serta gaya presentasi sendiri.


Pada artikel ini kami akan sedikit menjelaskan seperti apa contoh presentasi singkat yang baik dan benar, intinya di artikel ini akan kami berikan sedikit tips singkat yang bisa anda terapkan pada saat ingin melakukan semua presentasi baik untuk keperluan seminar pendidikan, pekerjaan, penawaran produk dan sosialisasi. Perlu di perhatikan bahwa ada banyak hal yang harus anda kuasai sebelum presentasi di mulai, silahkan simak informasinya dibawah ini.


Contoh Presentasi Singkat Yang Baik dan Benar



1. Mengenali audience dengan baik terlebih dahulu


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenal calon audience anda seperti apa, apakah mereka masih remaja ? dewasa ? atau orang tua ? Anda sendiri harus bisa memahami seperti apa calon audience anda. Biasanya untuk presentasi seminar yang pesertanya di dominasi anak-anak atau remaja mungkin ada baiknya jika presentasi di kemas secara singkat, disisipi video, dan janganlah banyak memberikan banyak paragraf bacaan di dalam slide presentasi. Remaja atau anak-anak biasanya akan lebih tertarik dan tetap fokus untuk memperhatikan presentasi dengan gaya yang simple dan menarik.


2. Tentukan tema atau bahasan presentasi


Pada dasarnya untuk melakukan presentasi sendiri dibutuhkan tujuan, apa harapan anda setelah presentasi ini selesai ? Sebagai contoh seorang sales obat akan selalu memaparkan produknya dengan sangat jelas mulai dari pemakaian, kandungan di dalamnya, keuntungannya, efek sampingnya, harga beli, harga diskon dan lain-lain dengan tujuan setelah mereka presentasi akan ada customer yang membelinya. Nah tujuannya itu juga sama kalau anda memberikan presentasi seminar maupun sosialisasi di depan peserta, intinya isi dari prentasi bisa ditangkap dengan baik oleh semua orang. Jadi hal kedua ini juga sangat penting untuk anda terapkan yaitu menentukan tema presentasi.


3. Pakai template profesional


Penggunaan template presentasi yang standar-standar saja biasanya akan membuat banyak peserta menjadi bosan, cobalah untuk memakai template presentasi dengan desain gambar yang lebih hidup pasti banyak yang akan tertarik.


4. Tarik perhatian mereka


Terkadang dalam sebuah presentasi masih ada audience atau peserta yang kurang memperhatikan apa yang anda jelaskan di depan, nah inilah waktunya bagi anda untuk membuat suasana lebih rileks dengan menampilkan gambar atau video yang mendukung ataupun selingan yang membuat mereka “ audience “ tidak merasa tegang.


5. Tarik kesimpulan


Contoh presentasi yang baik adalah memiliki hasil di akhir, tanyakan kepada para peserta yang sudah mengikuti presentasi anda apakah sudah jelas dan paham. Jika ada peserta yang masih kurang jelas, berilah mereka salinan atau copyan presentasi anda.


Sekian panduan mengenai contoh presentasi singkat yang baik dan benar kurang dari 5 menitan saja. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Contoh Presentasi Singkat yang Baik dan Benar Contoh Presentasi Singkat yang Baik dan Benar Reviewed by elemenslide on Januari 08, 2020 Rating: 5