Cara Memilih Background Supaya Desain Presentasi Semakin Menarik

Menurut Erwin Sutomo, pengertian presentasi adalah suatu kegiatan aktif dimana seorang pembicara menyampaikan dan mengkomunikasikan ide serta informasi kepada sekelompok audiens. Dari pernyataan tersebut dapat diambil suatu kesimpulan jika presentasi merupakan kegiatan yang dilakukan secara aktif dengan melibatkan orang lain selain pembicara, sehingga pembicara harus mampu membuat presentasi menarik untuk diikuti.


Berbicara tentang membuat presentasi yang menarik, banyak dari kita mengalami masalah untuk mewujudkan presentasi yang menarik, presentasi yang mampu membuat mata audiens tidak teralihkan pada presentasi kita. 


Beruntungnya pada zaman serba canggih seperti sekarang, kita dimudahkan dengan hadirnya beberapa software yang dapat kita manfaatkan fungsinya untuk membuat presentasi kita menjadi lebih menarik, yaitu diantaranya Microsoft Powerpoint, Prezi, Google slides, dsb. 


Namun apakah dengan hadirnya software tersebut sudah mampu membuat kita dapat mewujudkan presentasi yang menarik? Tentu saja tidak, masih ada masalah tentang bagaimana membuat desain  presentasi yang akan disajikan menjadi menarik.


Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam membuat desain presentasi yang menarik, diantaranya yaitu pemilihan font, pemilihan warna, serta media yang akan digunakan untuk mendukung desain presentasi Anda. 


Pada artikel ini kita tidak akan membahas ketiganya, melainkan akan membahas lebih mendalam tentang bagaimana tips memilih background berupa gambar yang dapat menunjang presentasi Anda supaya terlihat lebih menarik serta rekomendasi situs untuk mendapatkan gambar keren yang cocok untuk slide Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih background:



1. Gunakan gambar atau foto dengan white space yang cukup


Hal ini sangat perlu Anda ketahui, karena dengan menggunakan background foto dengan space yang cukup dapat membantu Anda memiliki ruang kosong yang cukup untuk teks yang akan Anda sajikan.


Namun, juga perlu diingat foto yang akan digunakan harus relevan dengan materi yang Anda sampaikan. Berikut ini adalah contoh slide dengan background foto yang memiliki white space yang cukup.


2. Gunakan background foto hitam putih


Tips lain untuk memilih background foto yaitu dengan menggunakan gambar hitam putih. Hal ini disarankan karena dapat menciptakan kontras antara teks dengan backgroud foto yang terlalu ramai.


Foto berwarna hitam putih bisa didapatkan dengan mengeditnya terlebih dahulu menggunakan software bantuan seperti photoshop atau menggunakan fitur saturation pada powerpoint agar lebih simple.




3. Gunakan Background Foto Blur

Tips yang satu ini bisa menjadi pilihan yang baik selama Anda bisa menggunakan dengan tepat untuk slide Anda. Hal ini dapat menjadi membantu Anda ketika ingin menggunakan background foto namun tetap ingin mata audiens fokus terhadap konten yang disampaikan. 


Tentu saja untuk mendapatkan efek blur pada foto anda bisa menggunakan fitur artistik efek blur pada powerpoint. Maka dalam hitungan detik foto Anda akan berubah menjadi ngebur seperti yang Anda lihat pada contoh slide dibawah .

Jadi itu tadi, 3 tips yang bisa Anda gunakan dalam mendesain slide presentasi Anda. Selanjutnya, mungkin Anda akan bertanya dimana mendapatkan gambar-gambar yang dapat membantu anda membuat slide presentasi Anda lebih menarik. Untuk mendapatkan gambar yang Anda butuhkan anda dapat memanfaatkan beberapa situs berikut :



Pixabay

Freepik

Photos.Icons8

Picography

Freephotos

Selamat mencoba.         

Cara Memilih Background Supaya Desain Presentasi Semakin Menarik Cara Memilih Background Supaya Desain Presentasi Semakin Menarik Reviewed by kumbangkambing on November 13, 2020 Rating: 5